Minggu, 07 Oktober 2012

Hari Ini Gue Belajar Bersyukur

Pagi ini gue nangis.
Nangis sampe mata gue sakit, sampe idung gue perih, sampe dada gue rasanya sesek.
Gue nangis sejadi-jadinya.
Kenapa? karena gue berusaha peduli. Gue nangis karena gue sayang bokap nyokap gue. Gue nangis karena gue tahu kalau hidup gue mungkin gak akan lama. Gue nangis karena Tuhan begitu sempurna buat orang seperti gue.

Tuhan itu selalu ngasih terbaik buat gue --juga kita--.
Tapi apa? sekalipun gue gak pernah bersyukur dengan inisiatif gue sendiri. Selalu aja orang lain yang ngingetin, dan itu juga biasanya gak bertahan lama. Gue terlalu bengal mungkin, angkuh dengan otak gue yang gak ada apa-apanya.
Sering banget gue ngeluh atas apa yang udah gue dapet. Duit jajan dikitlah, gendutanlah, laporan sama tugaslah. Padahal masih banyak orang yang kelaperan karena gak punya duit sama sekali. Banyak orang yang cuma bisa berbaring di kasur karena tubuhnya sakit keras. Banyak orang yang berharap bisa kuliah di kampus gue sekarang.   

Mas Bayu, beliau ngajarin gue banyak hal.
Beliau dari umur dua bulan sudah sulit bisa berjalan normal, namun hati beliau selayaknya orang normal. Bahkan lebih. Sedangkan gue, tubuh gue normal, tapi hati gue kacau. Gue gak pernah menata hati. Cuma mikir apa yang bisa bikin gue seneng, meskipun kenyataannya itu buruk.
Mungkin suatu saat Tuhan bakal muak ngelihat gue gak pernah bersyukur kaya gini.

Bersyukur? Gue belajar kata bersyukur dari dulu, dari gue masih baru bisa ngomong 'mama minta cucu ma'. Di TK, SD, SMP, SMA, semua ngajarin gue buat bersyukur. Dari mulai hal yang kecil, sampai yang bener-bener gede. Tapi sampai umur segini, gue masih belum bisa benar-benar bersyukur.
Gue payah? Iya.

Pagi ini gue malu.
Malu atas semua sikap gue, tingkah gue, jalan pikiran gue.
Gue udah sembilan belas tahun, dan gue masih ngasih nothing buat orang-orang disekitar gue. Betapa meruginya gue.

Gue sendiri bingung, kenapa ya Tuhan masih mau ngasih banyak kebaikan dalam hidup gue? Padahal gue sering ngelupain Dia, gue masih mentingin nafsu gue di banding kewajiban sebagai makhluk-Nya.
Tapi Tuhan tetep kasih semua yang bagus. Orang tua, keluarga, sahabat, guru, temen, kesehatan, otak, tubuh. Semua.
Mungkin gue yang terlalu sombong buat peduliin nurani gue yang udah kangen banget sama Tuhan.
Kapan ya gue bener-bener bisa selalu bersyukur?

Sebelum gue nulis post, gue coba untuk list rasa syukur yang harusnya gue ucapin ke Tuhan selama ini.

Gue bersyukur, atas:
1. Orang tua yang hebat
2. Keluarga yang peduli
3. Sahabat yang luar biasa
4. Dosen pengajar
5. Tubuh yang utuh dan sehat
6. Otak yang lumayan
7. Muka yang kece
8. Duit yang masih cukup buat makan seminggu
9. Netbook buat ngepost
10. Paket BB bulanan
11. Mata yang masih normal
12. Tangan yang keren
13. Kaki yang lumayan jenjang
Dan jutaan rasa syukur lainnya.

Banyak banget ya ternyata yang udah Tuhan kasih buat gue.
Tinggal gue aja bakal nanggepin kaya gimana.

Gue harus minta maaf sama Tuhan karena baru sadar setelah bertahun-tahun lamanya, baru peduli ketika semua udah bener-bener gue nikmati.
Lebih baik terlambat kan di banding tidak sama sekali? NO! Lebih baik tepat waktu dan rutin. 
Sesuatu yang terlambat, tentu tidak akan sama hasilnya dengan yang akurat.

Terima kasih ya Allah atas segala yang telah Engkau berikan pada HambaMu hari ini, kemarin, dan --semoga saja-- nanti.

Yuk kita bersyukur.
Yuk kita dekatkan hati pada Tuhan.
Yuk kita berkomitmen dengan apa yang kita ucapkan.
Yuk jadi pribadi yang lebih baik.

Masa depan? Sukses!
Semoga kita menjadi orang yang sukses, dunia maupun akhirat.
Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar