Kamis, 17 November 2011

Panti Asuhan

        Panti Asuhan, apa yang terbayangkan dalam benak anda mengenai hal tersebut? sebuah tempat yang dipenuhi anak-anak malang yang tidak memiliki orang tua? Sebenarnya panti asuhan bukan hanya tempat bagi anak-anak yatim piatu saja, namun wadah di mana anak-anak yang tidak memiliki tempat tinggal dan terlantar dapat hidup layaknya anak-anak lain. Angka yatim piatu dan anak terlentar di Indonesia masih tegolong cukup tinggi, sehingga panti asuhan memiliki peranan tersendiri dalam membantu tugas pemerintah mensejahterakan masyarakat. Banyak sekali panti asuhan yang berada di Indonesia, semua bergerak di bidang sosial untuk membantu saudara kita yang kurang beruntung hidupnya.
           
           Panti asuhan bukan hanya mengurus keperluan hidup anak yatim tersebut, namun juga mengembangkan bakat yang ia miliki untuk di kembangkan agar dikemudian hari dapat berguna. Bentuk pengembangan bakat tersebut bermacam-macam, mulai dari pemberian kursus dan pelatihan pendidikan juga sekolah. Prioritas utama bagi pengelola panti asuhan ialah memberikan pendidikan maksimal bagi anak asuhnya, karena pendidikan tinggi dapat memberikan seseorang kualitas hidup yang lebih terjamin. Tidak sedikit anak-anak berprestasi yang sehari-harinya bertempat tinggal di panti asuhan. Tidak sedikit orang sukses yang semasa kecil hidupnya berada di panti asuhan. Anak-anak panti asuhan memang dilatih untuk lebih banyak berusaha dan berdoa, sehingga hasil tempaan tersebut dapat membentuk karakter anak yang kuat dan hebat.

            Setiap manusia diberikan tuhan hak hidup yang sama, dan tidak seharusnya ada di anatara kita yang merasa berbeda dan terintimidasi. Dalam diri setiap anak pastilah memiliki potensi dan kelebihan masing-masing yang jika dikembangkan akan sangat luar biasa hasilnya. Panti asuhan juga merupakan tempat di mana anak-anak dapat merasakan kehidupan yang wajar tanpa adanya tekanan dan olokan dari sekitarnya, dengan begitu psikologi anak tersebut akan berkembang dengan normal.
Jadi, apakah peran panti asuhan penting? Ya, sangat penting. Bukan hanya mengurangi jumlah anak-anak terlantar saja, namun juga membantu mencerdaskan bangsa dan mengajarkan kepada anak-anak untuk terus berusaha. Jika tidak ada panti asuhan bukan mustahil angka kemiskinan dan pengangguran dapat meningkat. 

           Mungkin anda sekarang sedang bertanya-tanya bagaimana anda dapat ikut berperan dalam menumbuhkan panti asuhan. Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah selalu berikan dan motivasi kepada anak-anak panti asuhan agar mereka dapat tetap semangat. Dan jika anda mampu anda dapat menyisihkan sebagian rezeki anda untuk anak-anak tersebut.

anda dapat menyalurkan zakat anda melalui lembaga yang terpercaya http://www.infozakat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar